Senin, 10 Maret 2025

Peralatan dan Perlengkapan Kantor



Peralatan (Equipments) adalah barang yang dapat digunakan berulang kali atau bersifat tahan lama dan berfungsi menyelesaikan suatu pekerjaan. Contoh, mesin perkantoran, perabot kantor, kendaraan inventaris kantor, komputer, dan perangkat elektronik lainnya. 

Perlengkapan (supplies) adalah alat atau barang yang berguna untuk mendukung kinerja peralatan kantor dan melengkapi keperluan perusahaan. Perlengkapan kantor umumnya identik dengan barang berukuran kecil, cepat habis, dan harga relatif ekonomis. Contohnya adalah pensil, kertas, tinta, dan buku catatan.

Ciri-ciri peralatan (equipments

  • masa pakai lebih dari setahun
  • bisa dijual kembali
  • umumnya membutuhkan bantuan listrik atau bahan bakar tertentu
  • biaya pengadaanya lebih mahal dan ukuran lebih besar dari perlengkapan
  • terdapat biaya penyusutan
  • memiliki peranan penting dalam operasional perusahaan
  • pembeliannya dicatat sebagai fixed asset (aset tetap) 
          Contoh: printer, komputer, mesin, meja, kursi,dan sebagainya.

Ciri-ciri perlengkapan (supplies)
  • masa pakai terlama adalah satu tahun
  • tidak bisa dijual kembali
  • dapat digunakan tanpa listrik
  • biayanya lebih murah dan ukuran relatif kecil
  • tujuannya adalah untuk melengkapi operasional
  • tidak ada biaya penyusutan karena termasuk barang habis pakai
  • dicatat sebagai aset lancar (current assets)
          Contoh : alat tulis kantor, staples, spidol, dan sebagainya

Sumber gambar : https://torch.id/cdn/shop/articles/Artikel_232_-_Preview.webp?v=1730189578

Related Posts:

0 comments:

Posting Komentar